Posted on

Menambah Follower Instagram Tanpa Membeli?

cara menambah follower instagramBagi sebagian pebisnis yang ingin membangun bisnisnya di Instagram, ada yang ingin membeli follower.

Saya sering menemukan pertanyaan. Apakah saya bisa memberikan follower secara instan?

Tentu saja saya menjawab tidak. Mengapa? Karena resikonya terlalu besar. Instagram juga tidak main-main dalam menghapus akun yang bermain “curang”.

Sayang sekali kan? Sudah membeli follower. Eh tanpa pemberitahuan. Akun yang memiliki ribuan follower menghilang tanpa jejak.

Cara Aman dalam Mendapatkan Follower

Saya memang lebih memilih cara aman saja dalam mendapatkan follower. Ini terlihat dari beberapa klien yang pernah saya tangani. Bisa meningkat followernya secara signifikan tanpa membeli.

Memang butuh waktu untuk memberikan edukasi baik kepada klien maupun calon dan follower.

Klien biasanya tidak mau tahu. Dia harus memiliki banyak follower. Anda harus memberikan gambaran yang tepat. Agar klien bisa memahaminya.

Bagaimana dengan calon dan follower? Anda wajib mengedukasi mereka sesuai dengan niche konten Instagram yang telah dipilih. Biarkan mereka memutuskan apakah mengikuti Anda atau tidak. Apakah konten Anda bagus atau tidak. Benarkah bermanfaat bagi diri mereka atau tidak. Kurang lebih seperti itu.

Bagaimana Cara Menambah Follower Tanpa Perlu Membeli?

Ada yang perlu diperhatikan ketika memulai bisnis di Instagram. Anda wajib berdarah-darah. Jujur saja membangun bisnis di media sosial satu ini susah gampang.

Butuh proses, konsisten, fokus dan ketekunan. Apalagi urusan pemilihan niche yang ingin Anda jual. Kemudian bagaimana dengan konten yang sesuai niche. Kalau melenceng bisa fatal. Anda hanya akan terlihat sedang bermain-main.

Nah sekarang ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan ketika ingin menambah follower. Saya ingin menekankan bahwa banyak sekali orang yang mengelola media sosial di luar, memberitahukan melalui ebook berbayar dan gratis. Bahwa mereka membutuhkan minimal 6 bulan untuk mendapatkan follower yang ditargetkan.

Jadi kalau Anda baru dua tiga bulan sudah menyerah. Itu belum seberapa.

Baik kita langsung saja ya.

1. Pilih niche atau tema yang akan diangkat. Bisa juga dengan produk atau jasa yang ingin dijual.

2. Mulailah membuat konten yang menarik sesuai tema, produk atau jasa pilihan Anda.

3. Pilih Continue reading Menambah Follower Instagram Tanpa Membeli?

Posted on

Cara Menjadi Blogger yang Paling Mudah

cara menjadi blogger yang mudah dan menyenangkan
cara menjadi blogger yang mudah dan menyenangkan
cara menjadi blogger yang mudah

Blog sekarang memang lebih dikenal secara luas. Bahkan ada yang menganggap blog bisa membantu mempromosikan sebuah produk dan jasa dengan cepat. Ini memang benar adanya. Makin ke sini, semakin banyak yang bertanya cara menjadi blogger yang paling mudah.

Blog Bisa Mengubah Nasib

Ada beberapa film yang pernah saya tonton, memiliki dialog yang kurang lebih mengiyakan soal ini. Ketika blogger bisa mengubah nasib sebuah produk atau jasa dalam waktu sekejap. Terkadang ada yang murni pendapat blogger itu sendiri. Ada juga yang memang review apa adanya. Atau bayaran.

Ngeblog perlu passion atau tidak?

Tetapi ada satu yang ingin mami digital tegaskan di sini. Kalau ngeblog membutuhkan passion. Passion yang akan menuntun Anda. Kalau tidak ada passion, lama kelamaan Anda akan tersingkir dengan mudahnya.

Passion itu antara lain, menulis, ngeblog dan berbagi. Kalau passion itu tidak ada, lebih baik berhenti. Bagaimana kalau hanya ada satu saja? Menurut mamidigital sama saja. Menulis tapi sudah berbagi dan ngeblog? Tidak bisa. Berbagi tapi sulit atau malas menulis di blog? Ya sama saja.

Sejatinya ngeblog tentu butuh menulis dan berbagi pengetahuan atau pengalaman.

Blogger harus bisa Continue reading Cara Menjadi Blogger yang Paling Mudah

Posted on

Ingin Tahu Cara Menjadi Mom Vlogger?

Cara Menjadi Mom Vlogger – Istilah vlog dan vlogger semakin populer di hampir semua kalangan ya. Apalagi dalam beberapa acara televisi juga menampilkan segmen vlog. Vlog adalah video blog yang kurang lebih bisa diartikan dengan catatan dalam bentuk video. Yakin tertarik menekuni profesi mom vlogger?
Vlog sebenarnya sudah lama ada. Hanya boomingnya memang beberapa tahun ini. Setelah banyak vlogger yang panen penghasilan.
Kalau mau ubek-ubek Youtube, memang menemukan banyak vlogger baru. Tema yang diangkat macem-macem. Mulai dari traveling, tip, trik, panduan, parenting dan masih banyak yang lainnya.

Memang ada mom vlogger?

Continue reading Ingin Tahu Cara Menjadi Mom Vlogger?

Posted on

5 Cara Promosi Produk atau Jasa di Media Sosial

cara promosi produk atau jasa di media sosial
5 Cara Promosi Produk atau Jasa di Media Sosial

Cara Promosi Produk atau Jasa di Media Sosial – Dewasa ini media sosial memang semakin diminati oleh pelaku bisnis online dalam memasarkan produk atau jasanya. Selain tetap memiliki toko online dengan alasan media sosial bisa sewaktu-waktu tutup.

Sayangnya meski waktu berlalu ternyata masih ada saja yang belum tahu cara mengambil hati calon pembelinya. Yaitu dengan tetap beretika ketika melakukan promosi di media sosial.
Benarkah ada etika? Sebenarnya itu etika tak tertulis yang disukai kebanyakan calon pembeli. Lebih baik mami digital harus mengetahuinya daripada mereka memilih unfollow atau unfriend. Ga mau kan? Apa saja sih itu?

1. Lebih baik memiliki akun khusus untuk bisnis online Anda.

Mengapa sih harus punya akun lain? Bukankah cukup satu saja? Jadi satu gitu dengan akun pribadi? Sah saja kalau mami digital berpikir demikian. Hanya saja kalau misal mami tidak memisahkan akan membingungkan teman yang sudah ada di list. Tidak semuanya bukan calon market ANda. Nah kan tidak maksimal jadinya.
Kalau misal Anda membuat akun baru dan khusus jualan, ini mempermudah Anda dalam mencari pembeli tertarget yang sesuai dengan produk. Anda bisa memilih calon pembeli yang sekiranya sesuai dengan karakter pengguna produk atau jasa. Sehingga hasilnya akan lebih maksimal. Begitu.

2. Persiapkan Foto Produk atau Jasa

Hal yang paling wajib Anda lakukan adalah memiliki foto produk atau jasa sendiri. Bukan mengambil dari foto milik orang lain. Lebih baik menghargai hasil kerja keras mereka. Membuat foto produk atau jasa itu butuh usaha lebih lho. Mulai dari angle yang tepat. Apakah foto itu bisa memberitahukan kepada calon pembeli. Proses pengeditannya. Dan masih banyak yang lainnya.
Bagaimana kalau produk Anda berasal dari suplier. Ya tidak masalah kalau Anda menggunakan foto promosi yang telah disediakan dari suplier. Ini malah lebih enak. Anda tinggal modifikasi

3. Hindari Tagging dan Promosi Via DM dan Inbox

Hayo ada yang pernah melakukan promosi dengan cara ini? Sebaiknya segera hentikan ya? Mengapa? Alasannya karena ini akan mengganggu calon pembeli Anda. Cukup promosi saja melalui timeline dan beranda. Berikan informasi selengkapnya di sana. Kalau mereka akan membeli tentu akan menghubungi Anda.
Sebaiknya Anda bermain copywriting. Apa itu copywriting? Sederhananya adalah tulisan yang bisa menjual. Ada tekniknya tapi bisa dipelajari. Lain waktu mamidigital akan membahasnya di website ini ya.

4. Update Sesuatu yang Bermanfaat

Update apa yang bermanfaat? Kalau misal Anda berjualan hijab misalnya. Tentu update sesuatu yang berhubungan dengan hijab itu apa? Tentu yang bermanfaat ya. Misalnya Hijab berhubungan dengan rambut. Coba share bagaimana merawat rambut yang tetap indah dan kuat. Bisa juga berbagi tentang cara berhijab yang menawan. Bagi tutorial pemakaian hijab yang bisa mendukung penampilan semakin chic misalnya.
Update seperti ini bisa membuat orang melirik apa yang akan Anda tawarkan. Mereka mulai like dan komen. Bisa juga malah membaginya. Sehingga semakin banyak yang mengetahui keberadaan usaha Anda. Lama kelamaan. Mereka bisa jadi membeli produk Anda.

5. Perhatikan Waktu untuk Update di Media Sosial

Agar efektif sebaiknya Anda mulai memperhatikan waktu update. Mengapa? Agar Anda bisa lebih maksimal dalam melakukan promosi.
Percuma saja Anda promosi eh ternyata di jam itu orang tidak sedang online. Selain kesannya asal. Anda juga membuang waktu. Waktu yang bisa untuk keluarga.
Sudah update ternyata malah tidak maksimal hasilnya. Sayang banget kan? Jadi sebaiknya mulai sekarang Anda mencari tahu, kapan waktu yang tepat bagi Anda share produk dan sesuatu yang bermanfaat.
Caranya dengan mulai membuat update di seluruh media sosial yang Anda miliki. Buat selisih waktunya sampai dua jam. Misal Anda mulai update postingan mulai jam delapan pagi. Maka selisihnya adalah jam sepuluh.
Lanjutkan itu sampai 5 kali dalam sehari. Lakukan ini selama seminggu. Nanti Anda akan menemukan waktu dimana calon pembeli Anda sedang online. Bagaimana cara mengetahuinya? Tentu saja dari seberapa banyak postingan Anda di like, komen dan bagi. Tentu Anda harus membuat tulisan yang menarik ya. Terus saja menulis. Lama kelamaan Anda akan mengetahui apa yang disukai oleh calon pembeli.
Silakan Anda coba 5 cara di atas dan semoga berhasil ya. Jangan lupa share ya agar lebih banyak yang mendapatkan info ini.